Cara Menghitung Denda BPKB Motor Telat Bayar

Memiliki kendaraan memang menjadi hal utama yang perlu diwujudkan karena ini akan membantu kita dalam melakukan berbagai macam kegiatan. Namanya memiliki kendaraan pasti kita wajib untuk membayar pajak karena pemerintah memang mengharuskan pajak selalu dibayarkan tepat waktu.

Dengan memiliki kendaraan kita perlu juga tahu cara menghitung denda BPKB motor sebab kita juga tidak akan selalu tepat waktu membayar dan telat wajar untuk terjadi. Membayar pajak ini sudah dapat dilakukan secara online, tetapi harus lengkap syaratnya jika melakukan pembayaran online ini.

Jika memang kurang lengkap maka bayarlah di samsat saja karena disanak banyak yang akan membantu jika kita kekurangan persyaratan.

Perhitungan Denda BPKB Motor

Kadang ada masyarakat yang menganggap bayar pajak itu adalah hal yang tidak perlu padahal kegiatan ini sangat penting dilakukan. Jika motor itu tidak dibayarkan pajaknya apabila ada operasi tilangan motor bisa kena tilang dan kita harus membayar untuk mengambil motor tersebut. Selain itu juga dengan bayar pajak bisa membuat kita mudah dalam meminjam dana karena BPKB akan langsung dapat dijadikan jaminan jika lengkap dan tidak telat pajaknya.

Jika kita tidak sempat membayar di waktu yang telah ditetapkan maka denda akan dikenakan dan wajib untuk membayar denda sekaligus jumlah biaya pajaknya. Mempersiapkan uang jelas perlu dilakukan supaya kita tidak perlu repot saat mau membayar, untuk mengetahui jumlah total denda berikut biaya pajak maka harus belajar cara menghitung denda BPKB motor. Untuk perhitungan denda ini akan dijelaskan di bawah ini.

Advertisement

·         Telat Satu Hari Sampai Dengan Satu Bulan

Namanya manusia pasti tidak akan selalu bisa tepat waktu ada saja kegiatan yang akan berlangsung di waktu yang sama. Seperti contohnya saat mau membayar pajak pasti ada berbentrokan dengan waktu bekerja dan inilah penyebab telat membayar pajak.

Jika telat pajak itu satu hari maka akan sama jumlah dendanya dengan telat pajak selama satu bulan. Untuk cara menghitung denda BPKB motor ini adalah jumlah persen pengali denda yaitu 25% dan 25% ini harus dikalikan dengan jumlah biaya pajaknya. Jika sudah menemukan maka jumlah denda dan juga biaya pajak tinggal ditambahkan saja dan itulah biaya total pajaknya.

·         Telat Pajak Tahunan

Jika kendaraan motor itu telatnya mencapai hitungan tahun maka kita perlu menyiapkan uang banyak karena denda yang ditentukan pemerintah adalah 48%. Jadi perhitungannya adalah 48% dikali jumlah pajak dan ditambahkan dengan biaya-biaya lainnya.

Setelah dikalikan maka jumlah denda akan ditambahkan lagi dengan biaya pajak beserta asuransi dan biaya administrasi. Jika biaya sudah diketahui maka kita tinggal datang ke samsat untuk melakukan pembayaran dan menunggu semua proses ini selesai. Itulah beberapa cara menghitung denda BPKB motor yang bisa dipraktikkan semoga bermanfaat.